Home » » Kenaikan BBM Sumbang Inflasi di Aceh

Kenaikan BBM Sumbang Inflasi di Aceh

Written By Unknown on Selasa, 02 Juli 2013 | 11.16

BANDA ACEH - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Juni lalu, menjadi salah satu penyumbang inflasi di Provinsi Aceh pada bulan itu sebesar 1,23 persen, sebagai dampak kenaikkan harga barang-barang.

"Kenaikan harga barang merupakan dampak dari naiknya harga BBM dan cuaca buruk yang melanda perairan Aceh," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh Hermanto di Banda Aceh, Senin (1/7).

Hermanto menjelaskan, inflasi yang terjadi di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu ditandai dengan naiknya indeks harga konsumen dari 129,10 pada Mei 2013 menjadi 131,36 juni tahun itu.

Ia mengatakan inflasi, yang terjadi di Aceh tersebut juga tidak terlepas dari perkembangan kenaikkan harga yang dipantau di dua kota yakni Banda Aceh dan Lhokseumawe.

Ke dua kota yang dipantau IHK-nya tersebut mengalami inflasi yakni Banda Aceh sebesar 1,75 persen dan Lhokseumawe hanya sebesar 0,70 persen. Inflasi yang terjadi di Lhokseumawe terendah di sumatera.

Hal tersebut mengakibatkan laju inflasi tahun kalender 2013 sampai dengan bulan Juni 2013 Banda Aceh sebesar 3,28 persen, Lhokseumawe 5,77 persen dan provinsi sebesar 4,49 persen.

Sedangkan inflasi Juni 2013 terhadap Juni 2012, Kota Banda Aceh sebesar 3,26 persen, Lhokseumawe 3,66 persen dan Aceh 3,46 persen.

"Secara umum inflasi yang terjadi di Aceh disebabkan naiknya harga bahan makanan," katanya.

Ia mengatakan komoditas yang andil bagian besar terhadap laju inflasi di Aceh adalah ikan tongkol sebesar 0,4 persen dan bahan bakar minyak menyumbang 0,3 persen.

"Peran serta yang dilakukan dinas terkait terhadap sejumlah bahan pokok di pasaran juga menjadi salah satu upaya menekan kenaikan harga barang yang diakibatkan naiknnya BBM," katanya.

Sedangkan beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga yakni apel minus 0,01 persen, jeruk minus 0,07 persen, emas perhiasan minus 0,06 persen dan tomat buah segar minus 0,04 

Pihaknya berharap Pemerintah Aceh dapat terus memantau pendistribusian barang sehingga berbagai harga kebutuhan menjelang Ramadhan tidak mengalami peningkatan secara drastis di pasaran.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Seuramoe Mekkah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger